Informasi Seputar Purwakarta

Selasa, 13 November 2018

Selain Bank Sampah Mandiri (BSM), Kampung Ciasem Desa Cicadas Mengubah Limbah Palet Menjadi Furnitur Bernilai Tinggi


Babakancikao - Ide kreatif selalu muncul Kampung Ciasem Desa Cicadas Kecamatan Babakancikao. Dengan adanya Bank Sampah Mandiri (BSM) masyarakat sekitar Kampung Ciasem antusias dan bisa menabung dengan menggunakan sampah plastik dari sisa botol minuman.

Selain mendapatkan penghasilan lebih untuk warga Bank Sampah Sampah Mandiri (BSM) Ciasem memberikan kemudahan untuk warga dengan membuat Keranjang/bak sampah plastik yang disimpan di depan rumah-rumah warga agar sampah plastik dapat dengan mudah dibuang langsung ke kerajang sampah tersebut. Dan pihak BSM Ciasem akan mengambil dan mendata berat sampah yang sudah di kumpulkan oleh warga sekitar. Ujar Oding Sara Utama Ketua BSM Ciasem sekaligus Ketua Posyantek Kecamatan Babakancikao (11/11/18)

Selain mengelola sampah plastik Bank Sampah Mandri (BSM) Ciasem juga mengolah limbah pabrik dari palet yang tidak terpakai mejadi kerjinan yang menjadi nilai jual. Limbah palet tersebut mendapat hibah dari PT. Lenzing.


Selain bentuknya yang unik dan bisa memberikan kesan artistik, kini banyak kalangan mulai bosan dengan berbagai jenis perabotan rumah produksi pabrikan. Bahan baku kayu berbahan limbah dengan harga yang kompetitif menjadi alternatif dengan berbagai kelebihannya.

Menurut Agus Saepuloh Kasi PMD Kecamatan Babakancikao kedepannya akan dibantu pembinaan oleh porgram Posyantek, TPID, PLD, dan PMD Kecamatan Babakan Cikao dan akan dapat bantuan pinjaman permodalan melalui BUMDes Desa Cicadas. Dan inovasi hasil karya BSM Ciasem akan di ikut sertakan dalam Bursa Inovasi Desa (BID).




Share:

Definition List

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support